Pembuatan Peta Desa

KKN Tim II Universitas Diponegoro berhasil menyelesaikan salah satu program multi yang berjudul “Pembuatan Peta Desa.” Pembuatan peta Desa Kendalrejo dilakukan dengan teknik-teknik umum pembuatan peta. Penentuan batas-batas desa dan antar dusun dilakukan oleh mahasiswa Tim KKn dengan koordinasi bersama perangkat Desa Kendalrejo yang lebih mengetahui batas-batas desa. Pemetaan objek desa s dilakukan dengan cara manual, yakni mengelilingi desa untuk mengetahui lokasi tepatnya. Hal ini dilakukan karena tidak semua objek desa sudah masuk ke dalam Google Earth. Objek-objek desa meliputi; Masjid, Mushalla, SD/MI, TK/PAUD, Posyandu, Balai Desa, Gereja, Makam, Pasar, dan lain-lain.
Program pembuatan peta desa ini menghasilkan peta yang sudah siap dipasang dengan ukuran 85×120 cm, dengan bahan anti air, sehingga aman untuk diletakkan di luar ruangan dan tahan lama. Peta desa telah diserahkan kepada Kepala Desa Kendalrejo, Ibu Titik Iswati. Selain itu, softfile peta desa juga telah diserahkan kepada perangkat desa untuk kelengkapan administrasi desa.
Dengan pembuatan peta desa ini, masyarakat ataupun turis yang datang ke Desa Kendalrejo dapat memahami bentuk desa, posisi objek-objek penting, dan dengan mudah mengenali kondisi Desa Kendalrejo secara umum. Peta desa juga sebagain sarana untuk mengelola wilayah, dasar pertimbangan pengambilan kebijakan pemerintah desa, sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, disebutkan desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *