POTENSI DESA

Desa Kendalrejo adalah salah satu desa dari 20 desa di Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang, Jawa TengahIndonesia. Desa ini merupakan hasil pemekaran dari desa Kendaldoyong. Desa ini berbatasan dengan desa Kendaldoyong di sebelah selatan, dan di sebelah barat dengan desa Klareyan, sedangkan di sebelah timur dengan desa Pesantren dan utara berbatasan dengan Laut Jawa. Terdapat juga 3 dusun dalam desa ini yaitu Dusun Kedunguter, Nambangsari/Penambangan, dan Kauman.

Desa Kendalrejo ini memiliki daya tarik yaitu potensi wisata pantai yang indah, yakni Pantai Wulan Jati atau yang sering dikenal dengan Pantai Cemoro Sewu. Desa ini walaupun masih berusia muda pada tahun 2008 mendapat penghargaan dari pemerintah pusat dalam reklamasi/reboisasi pantai dengan menanam pohon pinus dan pohon bakau. Di Dusun Jimat (Kauman) terdapat situs tua yang dikeramatkan (komplek makam Syeh Jambu Karang/Jimat Sigeseng).


MAKAM SYEH JAMBU KARANG / JIMAT SIGESENG

Daerah yang memiliki cerita mistis kelas wahid terkenal di desa kendalrejo, salah satunya adalah Sigeseng. Lokasi Sigeseng terletak di daerah pesisir utara pulau jawa, tepatnya di kabupaten Pemalang kecamatan Petarukan desa kendalrejo, ada beberapa petilasan penting disana yaitu Petilasan Syech Maulana Maghribi, Syech Jambu karang, dan masih ada lagi yang lainnya. Untuk para penjelajah dunia supranatural tempat ini sudah tak asing lagi mengingat kuatnya daya mistis yang di pancarkan oleh sigeseng.

Sigeseng dikenal juga dengan sebutan Selawe Negoro (25 Negara), disini bukan berarti ada 25 negara di wilayah tersebut, selawe (25) artinya sinonim dari kata banyak. Sebab disana ada banyak komunitas makhluk ghaib (jin), dari mulai yang mempunyai jin yang baik dan berilmu tinggi sampai jin yang mempunyai watak jahat. Selain pesona mistisnya sigeseng juga mempunyai situs bangunan pra sejarah berupa susunan struktur bangunan, dimana bata putih adalah material penyusunnya. Bukan hanya dari kacamata ghaib daerah sigeseng merupakan pelabuhan besar, tapi dari kesejarahansigeseng yang juga merupakan muara kali Comal (sebagian masih belum terungkap).

Kuatnya daya mistis yang ada di daerah ini, tak jarang masyarakat dari masyarakat biasa sampai pejabat banyak berkunjung untuk berdoa kepada Tuhan di tempat tersebut dengan harapan doanya akan terkabul, dari kepentingan bisnis sampai karier jabatan menjadi tujuan mereka datang ke tempat itu. Mitos yang berkembang di Sigeseng tersebut menyebutkan bahwa sebenarnya di sana (sigeseng) adalah kerajaan ghaib dimana terdapat satu peradaban maju dari dunia para Makhluk halus. Unik dan Membuat penasaran memang jika kita terus menggali cerita mistis dari Sigeseng, tapi itu hanya sekelumit kisah mistis dari Pemalang. Masih banyak lagi daerah- daerah lainnya di Pemalang yang mempunyai kekuatan mistis, seperti Gunung Gajah, Gunung Wangi, Majalangu, Penggarit, Pandan wangi dan lainnya. jika anda penasaran silahkan jalan – jalan ke Pemalang dan nikmati pesona mistisnya.

Di desa Kendalrejo Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang ada acara yang sudah menjadi adat dari Desa Kendalrejo ini, yaitu acara Sedekah Bumi dimana dalam acara ini merupakan suatu acara yang bertujuan untuk para warga Desa Kendalrejo mengucapkan syukur kepada Tuhan atas berkah yang telah diberikanNya dikarenakan mereka Warga dapatmelakukan sebuah panen yang sukses pada tahun ini acara tersebut suatu acara yang sudah turun temurun dilaksanakan.

Pada acara Sedekah Bumi bertempat di Makam Syekh Jambu Karang menjadi suatu ciri khas dari Desa ini, Warga berbondong-bondong datang ke tempat ini untuk meramaikan acara Sedekah Bumi, Mereka datang dengan membawa berbagai macam Makanan dari hasil bumi yang telah mereka peroleh dari Panen yang sukses, setelah membawa makanan makanan itu mereka saling bertukar makanan antara satu dengan yang lain, seperti tempe bertukar dengan tahu, kerupuk dengan keripik tempe dan makanan lainnya, acara ini sangat ramai didatangi, tidak lupa Kepala Desa berserta para Perangkat Desa ikut berpartisipasi.

Acara ini diawali dengan tukar menukar makananyang kemudian dilakukan doa bersama dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Desa, di akhir acara ada salam-salaman satu dengan yang lain, kemudian para warga pulang dengan membawa makanan mereka yang telah ditukar dengan yang lain warga.

PANTAI WULAN JATI/ CEMORO SEWU

Pantai Cemoro Sewu yang terletak di desa kendalrejo, kecamatan petarukan, kabupaten Pemalang. Dijuluki cemoro sewu memang di sekitar pantai ini ditanami pohon-pohon cemara yang jumlahnya hampir ribuan. Pohon cemaranya pun ditanam dengan penataan yang rapi lhoo…….. keren pokonya.

Perlu perjuangan menuju pantai ini, karena akses menuju pantai ini lumayan kurang memadai masih banyak jalan yang berlubang, dan di kanan-kirinya didominasi dengan area persawahan juga empang. Tapi jangan salah karena keindahan yang disajikan pantai ini cukup sangat membayar perjuangan kita. Nah, untuk tiket masuknya pun gratis karena belum ada karcis dan tim pengelolanya.Dengan potensi keindahan alam yang ada pantai cemoro sewu ini sangat cocok sebagai tempat untuk me-refresh pikiran, objek hiburan dan kalau pagi ataupun sore kita bisa menikmati keindahan sunrise dan sunset yang ada di pantai ini.

 

UMKM yang ada didesa Kendalrejo yaitu pabrik tahu dan tempe Sopo Joyo. Bapak Sugeng sebagai pendiri pabrik tahu dan tempe tersebut sejak tahun 1983 dan sampai sekarang masih aktif. Saat ini pekerja di pabrik ini 4-5 orang tergantung dengan banyaknya pembuatan tahu dan tempe. Dan pabrik Bapak Muhammad Nasikin yang sudah berjalan 10 tahun, dengan jumlah karyawan 10 dengan pembagian kerja sesuai dengan tugasnya.

Proses pembuatan tahu dan tempe menggunakan alat dan teknologi yang tersedia, mulai dari proses penggilingan hingga proses penggorengan. Tahu dan tempe yang sudah jadi akan diambil orang yang sudah menjadi pelanggan dan sebagian langsung dijual dipasar. Potensi dari pembuatan tahu dan tempe ini sudah menjadi produksi yang cukup baik karena meningkatnya jumlah konsumen dan pemasaran yang luas.

Potensi-potensi yang ada diluar UMKM tahu dan tempe yang ada di desa kendalrejo. Masih banyak lagi potensi yang lain contohnya pembuatan batu-bata, ternak ayam potong dan lain-lain.

KARAWITAN

Karawitan adalah seni musik tradisional Jawadengan peralatan yang lengkap dan telah berkembang secara turun-temurun sesuai dengan perkembangan jaman dan tidak meninggalkan keasliannya. Perangkat peralatan musik tradisional itu disebut Gamelan, yang terdiri dari bermacam-macam alat atau ricikan.Karawitan merupakan seni musik yang adi luhung. Dapat disajikan dalam nuansa gembira, sedih, jenaka, marah, bahkan dapat disajikan secara khusus pada acara sakral dalam kegiatan ritual. Oleh karena itu penampilan dalam penyajian Karawitan perlu diperhatikan pula etika dan tata krama yang berlaku. Pada penyajian karawitan, para penabuh tidak dibenarkan menabuh sesuka hati, tanpa metoda maupun posisimenabuh yang tidak semestnya. Pada penyajian Karawitan, para penabuh harus berpedoman pada metode Karawitan dan cara menabuh Gamelan yang berlaku secara umum.

Di kendalrejo karawitan yang terkenal yaitu karawitan yang dilatih oleh pak dhalang Rumban Harjo Wisono. Beliau mengembangkan karawitan sejak tahuan 1.900-an dan sekarang sudah sampai pada tingkat nasional di daerah Pemalang. Cukup mengharumkan, karena karawitan yang dibawakan sudah dikenal dibeberapa daerah luar Pemalang dan beberapa kali mendapat penghargaan.Personil dari karawitan sendiri dibentuk dari beberapa masyarakat yang berminat dalam menggeluti kesenian termasuk sindennya dengan jumlah 14 orang. Pelatihan karawitan dilakukan dalam seminggu sekali pada hari sabtu dan pada hari tertentu untuk persiapan even.

MANGROVE

Mangrove adalah tumbuhan yang dapat tumbuh di air payau. Tumbuhan ini tumbuh khususnya ditempat-tempat dimana pelumpuran dan akumulasi bahan organik yang baik. Di desa Kendalrejo, memiliki tumbuhan mangrove cukup besar sebagian wilayah menuju Pantai Cemoro Sewu. Mangrove yang tumbuh didaerah berdekatan dengan pantai dapat mencegah abrasi tanah. Masyarakat Kendalrejo yang membudidayakan mangrove membentuk zonasi vegetasi mangrove yang berlapis dan rapi.

Potensi yang dihasilkan mangrove yaitu jenis kayu berkualitas baik, bahan pewarna kosmetik, serta bahan pangan dan minuman. Nah.. mangrove yang  dibudidaya dekat pantai di Kendalrejo ini sebagai pelindung pantai terkhusus Pantai Cemoro Sewu, sebagai habitat berbagai jenis satwa dan tempat pembesaran banyak jenis ikan laut karena disekitar tumbuhan mangrove tersebut banyak tambak-tambak ikannya.